Selasa, 17 Mei 2011

SYUKUR

Kali ini Bedegul ngobrol sama Engkoh Engkoh. Malam belum begitu larut, masih kemerahan meski sudah jam 8 malam (Curug sih, rada ndeso!). Engkoh Engkoh ini kenalannya Bedegul, sejak sebulan yang lalu. Dia baru datang ke Curug. Nerusin toko peninggalan papahnya yang sudah meninggal. Engkoh Engkoh yang muallaf ini sangat tekun beribadah, Bedegul kagum dengan semangat dan ghiroh yang dimiliki Engkoh-Engkoh satu ini. Terjadilah obrolan menjelang malam sehabis makan seporsi Mie Ayam Baso di pinggir pertelon.

Engkoh Engkoh (EE): "Bedegul, menurut kamu, filsafat selalu untung-nya orang jawa itu gimana?"

Bedegul (B): "Waduh ada apa ini sore2 gini ngobrol rasial begini? kalo filsafat itu insya Allah selalu saya coba pegang..."

EE: "bagusnya dimana itu, Gul? tidak ekonomis, politis dan aplikatif!! hasilnya ya itu orang jawa gak kaya2... miskin terus! coba liat orang2 saya di seluruh dunia ada dan satu tipe. TEKUN! memang gak semua sih, tapi bandingin sama orang-orang kamu. Dikit-dikit merasa untung... kaki patah ketabrak sepeda roda tiga saja masih sempet ngomong "untung baru kaki yang patah, cuma satu lagi!!" itu kan bodo!!"

B: "Hehehehe! kejam banget sampeyan ini... jangan gebyah uyah alias menyamaratakan begitu. Sudah jarang lho orang jawa yang begitu Sayang sekali memang, orang2 macam itu tinggal sedikit!"

EE: "LHO?? kamu malah gak seneng orang2mu gak gitu lagi tho, jo? Logikanya dimana?"

B: "Gini, Koh! merasa selalu untung bukankah ibarat ber-hamdalah setiap saat? Dan kalo sampeyan amati, orang jawa make filsafat itu kan cuma kalo lagi kena bala, musibah, celaka, rugi atau sial saja tho? Kalo ada yg ngomong, Untung rumah kita cuma kebakar separo, liat tuh tetangga sebelah! habis-habisan dimakan api!! Kalimat macam gitu kan cocok marcocok dengan nyuruh kita ngeliat ke bawah kita dan bukannya ndongak ngeliat yg diatas kita terus tho? agar kita lebih bersyukur?"

EE: "Ah yang bener? jangan2 itu akal2mu saja, jo. yang gak mau orang jawa dihina-hina... Apa filsafat macam itu gak bikin orang males?

B: "Gak no!! Gini kalo masalah hasil kerja keras orang jawa malah selalu ngerasa seharusnya bisa dapet lebih!! Dan kalo filsafat orang jawa bikin males, kenapa tukang Mie Ayam yang top tadi itu asalnya dari mBojonegoro? tukang nasi goreng dari lamongan? padahal ini Curug lho?"

EE: "Iya deh... tapi kamu dines di Curug, ndeso, itu untungnya apa tho? Disamping apa-apa mahal, kalo mau mudik butuh dana banyak, panas, sempit dan gak ada cewek cantik. Apa, tho?"

P: "Hush!! Bandingin sama penganggur, sama orang cacat yg gak bisa dapet pekerjaan, sama korban perampokan yg dibuang di jalan tol, sama korban tsunami aceh, apa saya gak jauh jauh jauh jauuuuuuuh lebih beruntung? Dan tentang cewek, kalo saya gak dines disini apa bakal saya ketemu sama si Iyem istri saya itu, udah menghasilkan 2 lagi, he he he?"

EE: "Ya.. Aku sekarang tahu cara kerja otakmu.... dasar jawir....jawir ....he he he

P: "Lha ungtung to sampeyan dah ngerti sekarang...."

Gusti, buatlah hamba selalu pandai bersyukur... Karena apa yang tampak baik bagi hamba, belum tentu baik menurut panjenengan, Gusti! Alhamdulillah, Gusti! Alhamdulillah saya sudah tinggal di rumah dines dipinjami kantor, tapi kalo boleh saya nyuwun dikasih rumah, yang ada garasinya terus ada isinya, 2 ajah, buat saya dines dan istri ngantar anak anak sekolah.... Amiin.

2 komentar:

ucon mengatakan...

amin ��

GUS ITSNA mengatakan...

Subhanallah.. Pak Sena.. mantap tulisannya Pak.. bagus dan ada lucunya juga.. elegan lah.. hehehe